Fadlli Robbi Fadlli Robbi merupakan Founder dari Portal Belajarmu.com. Selain itu, Sangat responsif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Kalian di Forum Tanya Jawab.

10 Macam – Macam Permainan Bola Kecil

2 min read

Macam – Macam Permainan Bola Kecil – Banyak cara untuk berolahraga sekarang ini. bisa memilih tempat gym dengan banyak fasilitas atau sekedar jogging disekitar rumah. Jika Anda senang dengan olahraga seperti badminton dan tenis yang menggunakan bola, kalian harus tahu perbedaan cabang olahraga yang terbagi menjadi cabang olahraga permainan bola kecil dan bola besar. Apa saja itu? Kok baru dengar?

Perbedaan Permainan Bola Besar dan Bola Kecil

Cabang olahraga permainan yang bisa kalian lakukan terbagi menjadi cabor permainan bola besar dan bola kecil. Mengapa dibedakan? Karena Macam – Macam Permainan Bola Kecil menggunakan ukuran bola yang lebih kecil dan penggunaan raket atau alat lain untuk memainkannya. Sama seperti cabang olahraga lain, cabor permainan bola kecil ini bisa dimainkan secara beregu atau tunggal tergantung permainannya.

Macam - Macam Permainan Bola Kecil
Macam – Macam Permainan Bola Kecil via : blogpsot.com

Macam – Macam Permainan Bola Kecil

Ulasan yang akan kita bahas kali ini adalah Macam – Macam Permainan Bola Kecil yang terdiri dari:

1. Tenis Meja

Cabang olahraga yang menggunakan bola kecil yang sering kita tahu adalah tenis meja atau ping pong. Cabor ini bisa dimainkan secara tunggal maupun beregu. Ping pong dimainkan dengan lapangan yang berbentuk meja kayu dan terdapat jaring atau net sebagai pembatas antar lawan. Ping pong juga menggunakan bet atau pemukul berbahan kayu dengan lapisan karet pada permukaannya dan menggunakan bola dengan ketentuan warna putih atau oranye.

2. Bulu Tangkis

Permainan menggunakan raket sebagai pemukul ini, merupakan salah satu cabor yang banyak peminatnya. Menggunakan kok (shuttlecock) sebagai bola yang terbuat dari kayu dan bulu angsa ini merupakan salah satu cabor dengan kecepatan yang luar biasa. Sama seperti tenis meja, cabor ini bisa dimainkan beregu maupun tunggal

3. Kasti

Permainan yang sering dijumpai ketika masa sekolah ini dimainkan dengan model beregu yang melibatkan 2 tim dengan setiap tim terdiri dari 12 orang. Permainan ini menggunakan bola kasti atau bisa juga bola tenis dan pemukul dari bahan kayu.

4. Golf

Cabang olahraga yang tergolong “mewah” ini dilakukan diluar ruangan dengan menggunakan bola kecil berwarna putih dan stick golf atau klab (yang berbentuk joran) sebagai pemukul. Umumnya stick golf terbuat dari material keras seperti carbon, grafit atau bisa juga baja. Perlombaan cabor ini lebih menekankan pada ketepatan untuk memasukkan bola kedalam lubang yang ada di lapangan.

5. Softball

Permainan yang umumnya dimainkan oleh orang bule ini dimainkan secara beregu dengan jumlah 9 orang di setiap tim. Hampir seperti kasti, softball menggunakan pemukul dan bola yang dilemparkan kearah pemain untuk dipukul sekeras-kerasnya agar tidak bisa dijangkau dan ditangkap oleh tim lawan. Setiap tim pada permainan ini memiliki pemain yang bertugas sebagai pelempar bola, penangkap bola, penjaga dan pemukul.

6. Tenis Lapangan

Permainan yang identik dengan bola berwarna hijau ini, biasa dimainkan tunggal maupun beregu (dua pemain). Cabor ini menggunakan raket yang terbuat dari bahan grafit yang kuat namun ringan. Senar yang dipakai berbahan polyester atau kevlar yang dicampur dengan senar nilon agar tidak terlalu kaku. Permainan yang berasal dari Inggris ini bisa dimainkan indoor maupun outdoor dan menjadi salah satu cabor olahraga bergengsi dengan beberapa turnamen yang megah, seperti Piala Davis, Wimbledon, Perancis Terbuka, AS Terbuka, Australia Terbuka.

7. Baseball

Permainan yang mirip dengan kasti dan softball ini biasa dimainkan beregu. Perbedaannya adalah pada bola yang digunakan lebih berat daripada bola kasti. Cabor ini juga memiliki seragam yang didesain khusus agar tidak merasa sakit ketika pemain terkena pukulan bola.

8. Kricket

Tidak begitu dikenal di Indonesia, permainan kricket ini masuk menjadi salah satu cabor permainan menggunakan bola kecil. Olahraga yang lahir dari negara Inggris dan pesemakmurannya ini memiliki bola yang berbeda karena kemasannya menggunakan laon yang membuat bola tidak nampak bulat. India merupakan salah satu negara yang terkenal dengan cabor permainan ini.

9. Biliar

Cabang olahraga yang mengandalkan strategi untuk mengalahkan lawan dengan memasukkan bola ini masuk menjadi salah satu cabor dengan bola kecil. Permainan biliar menggunakan bola kecil yang diletakkan pada meja biliard dengan lubang berjumlah 6 pada sisi meja. Uniknya, bola biliar memiliki angka pada setiap bola yang akan dipukul menggunakan tongkat kayu. Cabor permainan ini lebih mengedepankan taktik mengalahkan lawan dengan konsentrasi dan strategi daripada kekuatan fisik.

Demikian ulasan mengenai Macam – Macam Permainan Bola Kecil yang bisa Anda simak. Semoga bermanfaat!

Fadlli Robbi Fadlli Robbi merupakan Founder dari Portal Belajarmu.com. Selain itu, Sangat responsif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Kalian di Forum Tanya Jawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *