13 Sifat Dan Ciri Laki-Laki Sholeh Yang Layak Untuk Dinikahi

Ciri Laki-Laki Sholeh – Wajah dan penampilan memang penting karena mau tidak mau hal itulah yang pertama kali kita lihat pada diri seseorang entah itu pria atau wanita. Akan tetapi adalah yang jauh lebih penting yang seharusnya kita pertimbangkan yaitu seseorang laki-laki sholeh. Pada kesempatan kali ini, mari kita bahas bersama mengenai hal tersebut.

Ciri Laki-Laki Sholeh
Ciri-Ciri Laki-Laki Sholeh

13 sifat dan Ciri Laki-Laki Sholeh

1. Memiliki cinta dan kasih sayang

Seorang laki-laki sholeh tentunya haruslah memiliki hati yang luas penuh cinta dan kasih sayang terhadap sesame tanpa membedakan siapa orang tersebut. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana seorang laki-laki memperlakukan ibu dan bapaknya, saudaranya dan orang-orang disekitarnya.

2. Sabar dan ikhlas

Memilih seseorang lelaki sholeh haruslah memiliki rasa sabar dan ikhlas dihatinya. Sabar dan ikhlas dalam menghadapi segala bentuk ujian dari Allah. Jika memang seseorang memiliki hati yang sabar dan ikhlas, tidaklah ia selalu mengeluh, lemah, uring-uringan atau meluapkan emosi semena-mena.

3. Kharismatik dan selalu menjaga kebersihan diri

Seseorang yang sholeh juga pasti memiliki sisi kharismatik dan menjaga kebersihan dirinya. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana dirinya berpenampilan serta menjaga kebersihan diri termasuk pakaian, rambut, bau badan dan lainnya.

4. Rendah hati dan pemaaf

Seorang laki-laki yang sholeh tentunya rendah hati dan mudah memaafkan seseorang. Ia mampu menjaga kata-kata dan sikapnya tanpa melihat derajat atau kepada siapakah ia berbicara. Tutur katanya santun dan sikapnya sopan. Serta mudah untuk memaafkan seseorang.

5. Menjaga pandangan

Siapa bilang hanya wanita saja yang harus menjaga pandangan? Laki-lakipun demikian terutama laki-laki sholeh. Menjaga pandangan ini menghindari seseorang agar melakukan perbuatan maksiat. Bukan berarti harus menundukkan kepala. Tapi lebih kepada menundukkan pandangannya.

6. Bergaul dengan orang-orang sholeh

Dalam suatu keadaan tertentu pasti seorang laki-laki sholeh pun pasti memiliki pergaulan lingkungan yang baik dimana kita bisa melihat ia juga senang bergaul dengan orang-orang yang sholeh pula.

7. Tidak boros dan bakhil

Di poin ini kita bisa melihat bahwa salah satu ciri seorang laki-laki sholeh adalah dirinya tidak boros atau membuang-buang sesuatu. Tidak hanya pada urusan uang atau materi tetapi juga dalam urusan lain seperti makan atau kebutuhan yang lain. Akan tetapi bukan juga berarti pelit.

8. Tegas

Seorang laki-laki sholeh memang harus sopan dan mejaga sikap. Tapi ini juga berarti ia harus mampu tegas dalam menghadapi suatu persoalan atau mengambil keputusan. Bukan galak, hanya memiliki ketegasan.

9. Amanah

Seorang laki-laki sholeh haruslah memiliki ciri amanah atau dapat dipercaya seperti bertanggung jawab kepada kewajiban yang tugas yang memang harus dilakukan.

10. Bertanggung jawab

Dalam hal ini kita bisa lihat bagaimana ia menjaga kedua orang tuanya ataupun saudaranya. Apakah ia sudah mampu menjaga mereka atau tidak karena orang tuanyapun merupakan tanggung jawabnya.

11. Haus akan ilmu

Seseorang yang memiliki sifat sholeh tentunya selalu merasa kurang saat mendapatkan atau mempelajari suatu ilmu. Tidak sombong dengan pengetahuan yang ia miliki.

12. Berakhlakul karimah

Di poin ini maksudnya seorang lelaki sholeh harusnya memiliki perangai atau akhlak yang baik yang selalu ia cerminkan di kehidupan sehari-hari.

13. Memiliki agama yang kuat

Jika seorang laki-laki memiliki agama yang kuat dan iman yang kuat maka segala cara hidup atau bagaimana ia berperangai dalam kehidupan sehari-hari tentulah mengikuti. Lihatlah seorang laki-laki dari imannya. Maka, insyaallah ialah laki-laki sholeh yang memang baik untukmu.