16 Keistimewaan Sholat Fardhu 5 Waktu Yang Utama

Keistimewaan Sholat Fardhu 5 Waktu – Sebagai umat Muslim, salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh seorang muslim adalah sholat 5 waktu. Menyembah dan bersujud kepada Allah SWT tanpa beban demi mensyukuri segala nikmat dan rezeki yang sudah diberikan. Sholat fardhu atau sholat lima waktu ini terdiri dari sholat dhuhur, ashar, maghrib, isya, dan subuh.

Hadits Keistimewaan Sholat Menurut Riwayat Tabrani
Hadits Keistimewaan Sholat Menurut Riwayat Tabrani

Dalil atau Dasar Hukum dari Alqur’an Tentang Sholat Fardhu 5 Waktu

1. Dalil QS. Al-Ankabut ayat 45;

وَاَقِيْمِ الصَّلَوةَ اِنَّ الصَّلَوةَ تَنْهَى عَنِ الْفَحْشَاءِ وَالْمُنْكَرَ
        Artinya: “Kerjakanlah sholat sesungguhnya sholat itu bisa mencegah perbuatan keji dan munkar.”

2. Dalil QS. Al-Baqarah ayat 43;

 وَاَقِيْمُوْ الصَّلَىةَ وَآتُوْ الزَّكَوةَوَارْكَعُوْامَعَ الرَّاكِعِيْنَ
         Artinya: “Dan dirikanlah sholat, tunaikanlah zakat dan rukulah beserta orang-orang yang ruku’.”

3. QS. Al-Baqarah ayat 110;

 وَاَقِيْمُوْ الصَّلَوْةَ وَآتُوْالزَّكَوةَ وَمَاتُقَدِّمُوْا لاَ نْفُسِكُمْ مِّنْ خَيْرٍ تَجِدُوْهُ عِنْدُاللهِط اِنَّ اللهَ بِمَا
تَعْمَلُوْنَ بَصِيْرٌ
         Artinya : “Dan dirikanlah sholat dan tunaikanlah zakat dan apa-apa yang kamu usahakan dari kebaikan bagi dirimu, tentu kamu akan dapat pahalanya pada sisi Allah sesungguhnya Allah Maha Melihat apa-apa yang kamu kerjakan.”

4. QS. An-Nuur ayat 56;

 وَاَقِيْمُوْ الصَّلاَةَ وَآتُوْ الزَّكَوةَ وَاَطِيْعُوْ االرَّسُوْلَ لَعَلَكُمْ تُرْحَمُوْنَ
        Artinya : “Dan kerjakanlah sholat, berikanlah zakat, dan taat kepada Rasul, agar supaya kalian semua diberi rahmat.”

16 Keutamaan Sholat Fardhu 5 Rakaat

Sholat fardhu ini juga adalah salah satu ibadah yang telah diterima langsung oleh Rasulullah Nabi Muhammad SAW tanpa perantara malaikat ketika Isra’ Mi’raj. Di dalam islam, sholat merupakan amalan yang paling utama dan istimewa. Apakah teman-teman sudah tahu apakah 16 keistimewaan sholat fardhu 5 waktu yang paling utama? Yuk kita bahas satu persatu apa sajakah itu:

  1. Sholat merupakan salah satu rukun Islam yang hukum mengerjakannya adalah wajib bagi seorang kaum Muslim.
  2. Kita selalu mendengar bahwa sholat merupakan tiang agama. Semakin khusyu sholat tersebut dan semakin kita sering bersujud kepada Allah maka semakin kokohlah tiang agama dan iman dalam dirinya. Suatu bangunan saja baru akan berdiri tegak ketiak tiang-tiang penyangganya kohkoh. Sama juga dengan sholat, jika tiang agama ini rapuh dan sering tidak dikerjakan, maka rapuhlah pula iman di dalam hatinya.
  3. Tahukah jika setiap gerakan yang ada pada sholat itu baik untuk kesehataan dan memiliki banyak manfaat contohnya seperti sedang melakukan peregangan, melancarkan aliran darah dan masih banyak lagi.
  4. Saat mengerjakan sholat subuh akan selalu disaksikan oleh para malaikat Allah.
  5. Saat mengerjakan sholat kita selalu dapat berdoa, bermunajat ataupun berkeluh kesah meminta pertolongan Allah.
  6. Allah akan memberikan kepribadian yang bercahaya kepada orang yang selalu bersujud kepadanya seperti sinar dalam kegelapan, kebijaksanaan dalam kebodohan, dan keteduhan dalam pikirannya. Dilapangkan hatinya dan dimudahkan segala urusannya.
  7. Sholat merupakan salah satu ibadah utama yang akan dihisab pertama kali dan ditanyakan pertanggungjawaban ketika kita menghadap Yang Maha Kuasa.
  8. Bagi mereka yang mampu mengerjakan sholat secara khusyu akan mendapatkan pahala yang besar dari Allah SWT.
  9. Sholat juga membantu kita mendapatkan surga firdaus dan kekal abadi selamanya.
  10. Sholat yang diterima oleh Allah akan membantu kita selamat dari api neraka yang akan membakar mereka yang lalai dalam meninggalkan sholat.
  11. Sholat 5 waktu yang kita kerjakan tepat waktu mampu menghapus dosa-dosa kecil kita dan mendapat ampunan dari Allah. Tidakkah sebagai manusia kita ini selalu saja berbuat dosa entah itu kecil atau besar, entah itu kita sengaja melakukannya atau tidak.
  12. Dengan mengerjakan sholat, insyaallah kita akan menemukan rahmat dan keberkahan yang diberikan Allah SWT.
  13. Mengerjakan sholat fardhu juga berarti membedakan kita dengan orang kafir dan muslim.
  14. Dengan selalu mengerjakan sholat fardhu, kita akan selalu mendapat cinta dan kasih sayang dari Allah SWT. Selalu dan tanpa pengecualian.
  15. Sholat juga merupakan wasiat terakhir yang selalu dipesankan oleh Rasulullah yang ia dapatkan langsung. Jika memang engkau sangat mencintai nabimu maka harusnya kamu mengerjakannya dengan penuh rasa syukur.
  16. Sholat yang kita kerjakan juga merupakan perisai bagi diri kita untuk tidak berbuat kej atau mungkar. Kita akan dijauhkan dari hal-hal yang bisa membuat kita jauh dari Allah SWT.

Nah, dari semuah hal itu, tidakkah itu suatu bukti bahwa Allah SWT sangat mencintai umatnya?