20 Pengertian Hukum Menurut Para Ahli Terlengkap

Pengertian Hukum Menurut Para Ahli  – Belajar mengenai hukum berarti kita terlebih dahulu harus tahu dan memahami apa yang dimaksud dengan hukum tersebut. Meski demikian sebenarnya banyak para ahli mulai dari Plato hingga ahli lainnya sudah memikirkan apa pengertian hukum itu.

Pengertian Hukum Menurut Tujuan
Pengertian Hukum Menurut Tujuan

Untuk itulah dalam artikel ini akan dibahas secara ringkas mengenai 20 pengertian hukum menurut para ahli terlengkap.

  1. Aristoteles

Menurutnya hukum adalah sekumpulan peraturan yang tidak sekedar mengikat masyarakat tetapi juga hakim. Disini Aristoteles menunjukkan bahwa hukum juga berlaku terhadap semua orang tanpa terkecuali termasuk penegak hukum agar putusaj hakim dipengadilan menjatuhkan hukuman yang benar pada si pelanggar.

  1. Thomas Aquinas

Menurutnya hukum sama sekali tidak boleh dilanggar karena itu berasal dari Tuhan.

  1. Karl Max

Seseorang bernama Karl Max menyatakan bahwa itu adalah suatu gambaran atau pencerminan yang terbentuk dari hubungan ekonolis dalam masyarakat pada suatu tahap perkembangan tertentu. Dari sini kita melihat jika hukum itu dinamis atau mengikuti perkembangan disekitarnya.

  1. Plato

Seorang plato mengatakan bahwa hukum adalah sesuatu kumpulan peraturan yang tertaur dan tersusun secara baik dan sistematis untuk mengatur dan mengikat masyarakat.

  1. Grotius

Kerap kita mendengar hukum moral/sosial. Jadi salah satu pengertian hukum menurut Grotius adalah perbuatan tentang moral yang menjamin keadilan.

  1. Van Kan

Salah seorang ahli di dunia mengatakan jika hukum adalah semua hal dalam peraturan hidup yang memaksa anggota masyarakatnya agar mencapai kepentingan manusia dalam hidup bermasyarakat.

  1. E Utrecht

Ia mengatakan bahwa hukum adalah seluruh petunjuk atau peraturan hidup seperti tata tertib di suatu masyarakat untuk dipatuhi oleh seluruh semua anggota masyarakat yang terlibat.

  1. Hans Kelsen

Seseorang yang lain juga mengatakan jika hukum adalah suatu perintah yang membatasi tingkah laku manusia yang mampu menghasilan sanksi-sanki jika salah seseorang anggota atau masyarakat melakukan pelanggaran.

  1. John Austin

John Austin justru mengatakan jika hukum melihat masyarakatnya sebagai masyarakat politik yang terikar oleh sekumpulan perintah baik tertulis maupun tidak tertulis dimana dalam kehidupan politik pihak berkuasa memiliki otoritas paling tinggi.

  1. Llywellin

Seseorang bernama llywellin mengungkapkan pengertian hukum secara ringkas. Ia mengatakan bahwa apa yang sudah diputuskan tersebut terkait dengan suatu persengketaan.

  1. Thomas Hobbes

Lebih sederhana lagi dengan penjelasan Thomas Hobbes mengenai hukum, yaitu sebuah perkataan atau aturan untuk memerintahkan orang lain sesuai keinginan orang tersebut.

  1. MJ Van ApelDorn

Ia lebih melihat hukum adalah suatu objek dari ilmu hukum berupa seluruh kebiasaan-kebiasaan yang berlaku dalam kehidupan masyarakat.

  1. Paul Scholten

Sesuatu yang bersifat perintah yaitu berupa petunjuk baik larangan atau sesuatu yang baik untuk dilakukan.

  1. Karl Von Savigny

Setiap masyarakat memiliki kebiasaan yang diaplikasikan dalam kehidupan sehar-hari yang berasak dari kesadaran, keyakinan dan kebiasaan masyarakat.

  1. Roscoe Pound

Ia melihat hukum lebih kearah sosialnya. Menurutnya, hukum adalah sesuatu bahasan mengenai tingkah laku anatara manusia dengan individu lain yang bisa mempengaruhi orang lainnya juga.

  1. Eugen Ehrlich

Semua hal yang berkaitan dengan fungsi kemasyarakatan berupa legal story dan jurisprudence serta living law.

  1. Imanuel Kant

Menurutnya, hukum adalah dimana seseorang memiliki kehendak bebas sendiri dimana seseorang bosa meyesuaikan diri dengan kehendak bebas orang lain dan menuruti peraturan hukum tentang kemerdekaan.

  1. Achmad Ali

Suatu norma baik benar atau salah yang diakui oleh pemerintah baik secara tertulis ataupun tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat secara menyeluruh termasuk ancaman sangsi bagi yang melanggar.

  1. Dr. Mochtar Kusumaatmadja

Menurutnya suatu kaidah dan juga asas yang mengatur pergaulan hidup dalam masyarakat termasuk lembaga yang terlibat demi memelihara ketertiban.

  1. Borst

Keseluruhan peraturan yang dapat dipaksakan demi mendapatkan keadilan uang diberlakukan bagi perbuatan masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat.

Tags: