Berapa Satuan Ukuran Jumlah Lusin, Gross, Rim, Dan Kodi

Satuan Ukuran Jumlah Lusin, Gross, Rim dan Kodi – Saat mendengar istilah lusin, gross, rim, dan kodi kira-kira apa yang ada di dalam benak kalian? Pastinya kalian sangat sering mendengar istilah ini di kehidupan sehari-hari kalian kan? Penggunaan satuan ukuran jumlah lusin, gross, rim, dan kodi dalam kehidupan sehari-hari sangat bermanfaat karena sangat efektif dan memudahkan menghitung. Bahkan, jika diperhatikan banyak barang yang dijual atau ditawarkan dalam jumlah lusin, gross, rim, dan kodi. Nah, dalam pelajaran matematika tentu sering muncul istilah tersebut. Yuk simak apa itu satuan ukuran jumlah lusin, gross, rim, dan kodi?

Tabel Satuan Jumlah 1 Lusin, Gross, Kodi, Rim
Tabel Satuan Jumlah 1 Lusin, Gross, Kodi, Rim

Berapa Satu Lusin ?

Secara bahasa, kata ‘lusin’ merupakan bahasa serapan yang diambil dari bahasa Jerman yaitu dozijin yang artinya 12 dan dozen dalam bahasa Inggris yang juga berarti 12. Nah, tentu kalian sering sekali mendengar orang-orang mengatakan dosin saat mereka ingin membeli sesuatu dalam jumlah banyak. Bahkan, para penjual sering sekali menawarkan sesuatu dalam bentuk lusin karena hal tersebut lebih praktir dan memudahkan dalam menghitung. Satuan lusin umumnya digunakan untuk menghitung barang-barang seperti peralatan dapur dan makan: gelas, sendok, piring. Terkadang juga untuk menghitung lilin, pensil, penghapus, dan masih banyak lagi.

Berapa Satu Gross ?

Untuk satuan ukuran jumlah yang satu ini mungkin sangat jarang kamu dengar di kehidupan sehari-hari. Tahukan kamu jika satuan gross itu ada konversi dari satuan lusin? Nah, singkatnya satu gross itu merupakan 12 lusin. Sedang, kita sudah mengetahui bahwa satu lusin ada 12 buah. Jadi, satu gross merupakan 144 buah.

Berapa Satu Rim ?

Pernahkah kamu saat pergi ke toko buku atau toko peralatan tulis melihat kertas yang dijual dengan satuan rim? Yup, satuan rim memang kerap digunakan untuk menghitung kertas. Satu rim adalah 500 lembar/helai. Nah, jadi saat kamu ingin membeli kertas dan menemukan tulisan 1 rim maka artinya terdapat 500 lembar kertas di dalamnya.

Berapa Satu Kodi ?

Nah, kalau satuan yang satu ini pasti sering kamu dengar saat bermain ke pasar pakaian kan? Sebenarnya, satuan kodi tidak hanya digunakan untuk menghitung jumlah pakaian atau kain saja loh. Kamu juga bisa menggunakan satuan kodi untuk menghitung jumlah kayu, bamboo, tas, sepatu, mainan anak-anak dan masih banyak lagi.

Simak yuk tabel satuan ukuran jumlah lusin, gross, rim dan kodi di bawah ini:

SatuanJumlah (buah)
Lusin12
Gross144 (12 lusin)
Rim500
Kodi20

CONTOH SOAL:

  1. Anto memiliki 16 kotak yang berisi pensil. Jika 1 kotak pensil berisi 2 lusin. Maka, berapa jumlah pensil yang dimiliki oleh Anto?

Jawab:

1 kotak = 2 lusin, 16 kotak = 16 x 2 = 32 lusin

1 lusin = 12 buah, 32 lusin = 32 x 12 = 384 buah

Jadi, total pensil yang dimiliki oleh Anto adalah 384 buah pensil.

  1. Pagi ini Ibu memesan satu kardus penuh berisi sepatu untuk dijual lagi. Di dalam kardus tersebut ada 12 gross pasang sepatu. Nah, berapa lusinkah sepatu yang ada di dalam kardus tersebut?

Jawab:

Jika 1 gross = 12 lusin, maka 12 gross = 12×12 = 144 lusin. Jadi, ibu membeli 144 lusin sepatu.

  1. Pagi ini Nana membeli kertas untuk skripsi sebanyak 6 kardus yang masing-masing kardusnya berisi 2 rim kertas print out. Tentukan berapa jumlah kertas print out yang sudah dibeli oleh Nana?

Jawab:

1 kardus = 2 rim, 6 kardus = 6 x 12 = 12 rim

1 rim = 500 lembar, 12 rim = 12 x 500 = 6000 lembar

  1. Jika ibu ingin membeli daster di sebuah toko sebanyak 4 kodi dan celana sebanyak 7 kodi. Berapakah jumlah barang yang sudah dibeli oleh ibu?

Jawab:

1 kodi = 20 buah

Total kodi yang dibeli ibu: 4 + 7= 11 kodi, 11 kodi= 11 x 20 buah = 220 buah

Jadi total barang yang dibeli ibu adalah 220 buah.

Demikian Penjelasan Mengenai Losin, Kodi, Rim.