22 Sifat Wanita Sholehah Dan Ciri-Ciri Wanita Sholehah

Ciri-Ciri Wanita Sholehah – Apakah saat kita melihat seseorang hanya kita lihat dari penampilan fisiknya saja? Tentunya, itu bukanlah hal utama yang seharusnya kita lihat terutama saat kita sedang mencari pasangan hidup. Banyak hal yang memang harus kita perhatikan terutama bagaimana kehidupan agama seseorang itu. Bukan berarti kita menghakimi apakah agama orang tersebut.

Ciri-Ciri Wanita Sholehah
Ciri-Ciri Wanita Sholehah

Ciri-Ciri Wanita Sholehah

Kita hanya mencoba melihat dari sisi bagaimana hubungan dirinya dengan Tuhannya dalam kehidupannya sehari-hari, sebagai seorang laki-laki muslim tentunya ingin mendapatkan istrinya yang sholehah. Yuk kita lihat apa saja 22 sifat dan ciri-ciri wanita sholehah itu?

  1. Wanita yang beriman.Keimanan seseorang adalah yang paling utama. Dari sini kita dapat melihat bagaimana ia selalu menjaga hatinya untuk Allah SWT. Jika dari segi iman saja sudah baik, maka itu akan terpancar dari dirinya dan dari bagaimana ia menjalani hidupnya sehari-hari.
  2. Wanita yang selalu menjaga sholatnya.Sholat merupakan tiang agama dan ini adalah salah satu cara untuk menjaga keimanan. Dengan sholat berarti wanita itu senantiasa dekat dengan Allah SWT.
  3. Wanita yang paham tentang ajaran Islam.Ingatkah jika nantinya wanita adalah calon madrasah pertama untuk buah hati kalian maka carilah wanita yang paham tentang ajaran Islam.
  4. Wanita yang pandai mengaji.Selain sholat, mengaji adalah salah satu bentuk perwujudan jika seseorang selalu ingat dan dekat kepada Allah SWT.
  5. Wanita yang tidak berkhalwat.Wanita sholehah tidak suka hanya berdua saja dengan laki-laki. Sebaliknya ia akan menjaga kedekatannya untuk bergaul hanya dengan laki-laki saja. Justru ia akan bergaul dengan wanita sholehah lainnya.
  6. Wanita yang tidak menyerupai laki-laki.Wanita sholehah tentulah memiliki penampilan layaknya wanita tidak mengikuti cara berpakaian laki-laki.
  7. Wanita yang pandai menjaga silaturahmi.Wanita sholehah tentunya pandai menjaga hubungannya tidak hanya dengan keluarga atau saudara tapi juga teman.
  8. Wanita yang selalu pandai menjaga syahwat.Wanita sholehah berarti ia mampu menjaga pandangannya atau tidak memperhatikan sesuatu yang belum waktunya seperti menjaga pandangannya terhadap laki-laki.
  9. Wanita yang pandai membagi waktu.Wanita sholehah pasti akan melakukan hal-hal yang berguna dan tidak menghabskan waktunya untuk hal yang sia-sia.
  10. Wanita yang menjaga penampilannya.Hal ini bukan berarti seorang wanita terlalu mengumbar kecantikannya. Menjaga penampilan berarti memakai sesuatu yang rapi dan bersih.
  11. Wanita yang pandai bersyukur.Wanita sholehah pastinya pandai bersyukur karena memiliki hati yang luas dan sabar.
  12. Wanita yang senantiasa menjaga auratnya.Seorang wanita sholehah tidaklah akan mengumbar auratnya. Malah ia akan menutupnya serapat mungkin.
  13. Wanita yang pandai menjaga diri.Wanita sholehah pastilah menjaga dirinya dari pergaulan yang dapat merusak dirinya dan tidak pergi tanpa ijin kedua orang tuanya.
  14. Wanita yang cerdas.
  15. Wanita yang tidak pemalas.Selalu rajin dan tidak bermalas-malasan saja tapi mau dan mampu mengerjakan kewajibannya selalu.
  16. Wanita yang tidak mudah cemburu.Cemburu adalah salah satu penyakit hati. Carilah wanita yang tidak mudah cemburu atau iri.
  17. Wanita yang tidak keluyuran tanpa ijin.Wanita sholehah pasti hanya akan melakukan sesuatu jika sudah meminta ijin kepada kedua orang tuanya.
  18. Wanita yang pandai mempercantik diri.Mepercantik diri berarti menjaga kebersihan dirinya dan merawat apa yang sudah diberikan oleh Allah SWT.
  19. Wanita yang pandai menjaga emosinya.Seorang wanita sabar adalah salah satu ciri wanita sholehah.
  20. Wanita yang selalu berakhlakul karimah.Selalu menjaga akhlak dan perilakunya terhadap orang lain, tidak hanya keluarganya saja.
  21. Wanita yang selalu beristigfar.Wanita yang selalu beristigfar berarti selalu mengingat Allah.
  22. Wanta yang tidak berpuas diri.Wanita sholehah pasti akan merasa kurang dalam hal baik seperti saat ia belajar menuntut ilmu apapun dan tidak hanya berpuas diri saja.