Materi Pengertian Garis Dan Sudut Matematika Kelas 7 SMP Terlengkap

Materi Pengertian Garis Dan Sudut – Masuk ke jenjang pendidikan selanjutnya barangkali bukan hal yang mudah untuk sebagian orang sehingga kita harus mempersiapkannya sebaik mungkin. Nah, untuk teman-teman yang baru saja menginjak SMP tentu perlu mempersiapkan diri secara matang. Materi pertama yang mungkin saja keluar adalah mengenai garis dan sudut. Langsung saja yuk kita bahas bersama materi pengertian garis dan sudut matematika kelas 7 SMP terlengkap.

Pengertian Garis dan Sudut

 

1. Garis

Saat melihat sebuah garis pernahkan kalian berusaha mendeskripsikannya? Lalu apa itu garis? Sebenarnya garis merupakan sekumpulan titik-titik yang saling bersebelahan dan menempel satu sama lainnya secara rapid an memiliki dua arah. Tahukah kamu jika garis terdiri dari beberapa macam? Sebelum membahas sudut, mari kita kenali jenis-jenis garis seperti: garis sejajar, garis berpotongan, garis berhimpit, dan garus bersilang.

Garis sejajar                       : jika terdapat dua buah garis yang apabila kedua garis tersebut diperpanjang maka keduanya tidak akan memiliki titik perpotongan atau saling bertemu satu sama lainnya dan berada pada satu bidang yang sama adalah pengertian dari garis sejajar.

  • Garis berpotongan: berbeda dengan garis sejajar, garis berpotongan memiliki titik temu yang merupakan pertemuan antara garis yang satu dengan garis yang lainnya.
  • Garis berhimpit: apabila terdapat dua garis atau lebih berada pada satu bidang yang sama kemudian garis-garis tersebut memiliki paling sedikit dua buah titik potong pada ujung-ujungnya maka garis tersebut disebut garis berhimpit. Coba teman-teman perhatikan jarum jam saat menunjukkan pukul 12 tepat. Maka kedua jarum jam tersebut saling berhimpit satu sama lainnya.
  • Garis bersilang : dua garis yang tidak terdapat pada bidang yang sama dan tidak sejajar maka garis tersebut dinamankan garis bersilang.

2. Sudut

Kita seringkali mendengar kata-kata sudut saat pelajaran matematika, tapi apakah kita sebenarnya benar-benar paham apa pengertian dari sudut itu? Apabila terdapat sebuah titik persekutuan diantara keda garis yang salah satu ujungnya saling bertemu maka dinamakan sudut. Sebenarnya sudut juga memiliki bagian-bagian penting seperti: kaki sudut, titik sudut, dan daerah sudut.

Dua buah garis yang saling bertemu ujungnya sehingga membentuk suatu titik disebut dengan kaki sudut, nah titik yang dihasilkan tersebut dinamankan titik sudut. Sedangkan daerah sudut adalah ruang yang tercipta diantara kaki sudut.

  1. Jenis-jenis sudut
  • Sudut siku-siku : besar daerah sudutnya yaitu 900
  • Sudut lancip : besar daerah sudutnya kurang dari 900
  • Sudut tumpul : besar daerah sudutnya lebih dari 900
  • Sudut lurus : besar daerah sudutnya yaitu 1800
  • Sudut refleks : besar daerah sudutnya antara 1800 dan 3600
  1. Hubungan antar sudut

  1. Sudut berpenyiku Sudut berpenyiku terbentuk dari dua buah sudut yang saling berhimpitan dan membenuk suatu siku-siku (komplemen).
  2. Sudut berpelurus Mudahnya, sudut berpelurus adalah himpitan antara dua buah sudut yang saling membentuk sudut lurus.

  1. Hubungan antar sudut apabila dua garis sejajar

Saat menemukan dua garis sejajar maka akan di dapat hubungan sudut sebagai berikut:

1.Sudut sehadap (sama besar)

ÐA = ÐE

ÐB = ÐF

ÐC = ÐG

ÐD = ÐH

2.Sudut dalam berseberangan (sama besar)

ÐC = ÐE

ÐD = ÐF

3. Sudut luar berseberangan (sama besar)

ÐA = ÐG

ÐB = ÐH

4. Sudut dalam sepihak

ÐD+ÐE

ÐC+ÐF

5. Sudut luar sepihak

ÐB+ÐG= 180

ÐA+ÐH= 180

6. Sudut bertolak belakang (sama besar)

ÐA = ÐC

ÐB = ÐD

ÐE = ÐG

ÐF = ÐH