Pengertian : Apa yang dimaksud Wilayah Ekstrateritorial ?

Setelah banyak mempelajari tentang sistem pemerintahan, bentuk negara, dan jenis kekuasaan yang ada pada suatu negara pada artikel ini akan dibahas mengenai batas negara atau wilayah. Kita mungkin sudah sering mendengar atau tahu jika batas wilayah suatu negara dibatasi pada daratan, lautan, dan udara. Hal itu terlihat jelas dan dapat diukur. Nah, bagaimana dengan wilayah ekstrateritorial? Sudahkah teman-teman mempelajari atau tahu tentang pengertian wilayah ekstrateritorial suatu negara?

wilayah ekstrateritorial indonesia
wilayah ekstrateritorial indonesia

Pengertian Wilayah Ekstrateritorial

Dalam menentukan batas wilayah suatu negara bisa diukur melalui patok-patok atau batasan tertentu yang diakui tidak hanya secara nasional tetapi juga internasional karena jika salah dalam menentukan atau mengukur batas suatu wilayah negara akan menimbulkan ketegangan.

Apa yg dimaksud Wilayah ekstrateritorial?

Yang dimaksud wilayah negara ini berarti suatu wilayah dimana hukum-hukum negara berdaulat berlaku diwilayah tersebut. Biasanya wilayah ini memang berada pada di daerah kekuasaan negara tersebut. Lalu bagaimana dengan wilayah ekstrateritorial?

Salah satu wilayah negara yang istimewa atau tidak biasa ada wilayah ekstrateritorial yang dimiliki suatu negara. Secara internasional, wilayah ekstrateritorial ini berarti suatu daerah yang diakui sebagai daerah kekuasaan negara tertentu meskipun berada di wilayah kekuasaan negara lain menurut kebiasaan internasional. Oleh karena itu di dalam wilayah ekstrateritorial berlaku hukum-hukum negara berdaulat yang tidak ada hubungannya dengan negara dimana wilayah ekstrateritorial berada.

Pembahasan dan definisi mengenai hukum wilayah ekstrateritorial ini sudah dibahas secara internasional di Wina tahun 1815 yang dipertegas kembali pada Kongres Aachen tahun 1818.

Apa yang dimaksud dengan hak ekstrateritorial?

Hak ekstrateritorial adalah hak kebebasan diplomat terhadap daerah perwakilannya termasuk halaman bangunan serta perlengkapannya seperti bendera, lambang negara, surat surat dan dokumen bebas sensor, dalam hal ini polisi dan aparat keamanan tidak boleh masuk tanpa ada ijin pihak perwakilan yang bersangkutan.

Contoh – Contoh Wilayah Ekstrateritorial

Agar lebih jelas dalam memahami pengertian wilayah ekstrateritorial mari kita lihat contoh atau apa saja yang sebenarnya termasuk dalam wilayah ekstrateritorial tersebut, diantaranya:

  1. Kapal-kapal laut yang berlayar di laut terbuka di bawah bendera negara tersebut
    Apabila terdapat kapal negara asing yang berlayar disuatu perairan negara lain maka kapal tersebut akan dianggap sebagai wilayah negara yang benderanya dikibarkan baik saat berada dilaut lepas atau saat memasuki wilayah laut negara lainnya.
    Batas laut suatu negara tidak melibihi 20 mil yang diukur dari daratan terluar. Laut lepas ini berarti wilayah dimana tidak ada satu negarapun yang menguasai. Nah, saat suatu kapal berada di laut lepas, maka kapal yang sedang mereka tumpangi itulah yang disebut wilayah ekstrateritorial dimana kedaulatan negaranya diakui.
    Meski begitu saat suatu kapal laut tersebut berada di negara lain dan melakukan pengambilan sumberdaya negara tersebut atau kegiatan yang dilakukan diluar kapal akan mengikuti hukum negara dimana mereka berada.
  2. Tempat atau daerah kerja perwakilan diplomatik seperti Keduataan atau Perwakilan Tetap di wilayah Negara Lain
    Suatu negara pasti menjalin kerjasama dan hubungan baik terhadap negara-negara lain di dunia ini. Oleh karena itu, suatu negara biasanya akan mengirimkan duta negara atau perwakilan diplomatik. Mereka yang menjalankan urusan diplomatik pasti akan memiliki suatu tempat kerja atau kedutaan yang berada dinegara lain. Gedung, tempat kerja atau kantor dimana perwakilan diplomatik itu berada inilah yang disebut dengan wilayah ekstrateritorial. Didalam gedung inilah perwakilan diplomatik berhak dan memiliki wewenang untuk mengatur segala urusannya sesuai dengan hukum di negara asalnya. Tentu saja hal inipun demi mendukung kerjasama dengan negara yang ia tempati.

Secara menonjol, dua hal inilah yang bisa dijadikan contoh dalam memahami lebih luas pengertian wilayah ekstrateritorial suatu negara. Sampai di sini apakah teman-teman merasa kebingungan ?

Identifikasikan wilayah ektrateritorial indonesia ?

Wilayah ektrateritorial indonesia sebagai berikut :

  1. Batas-batas wilayah Indonesia sebelah utara
    Indonesia berbatasan langsung dengan Malaysia (bagian timur), tepatnya disebelah utara Pulau Kalimantan. Malaysia merupakan negara yang berbatasan langsung dengan wilayah darat Indonesia. Wilayah laut Indonesia sebelah utara berbatasan langsung dengan laut lima negara, yaitu Malaysia, Singapura, Thailand, Vietnam dan Filipina.
  2. Batas-batas wilayah Indonesia sebelah selatan
    Indonesia sebelah selatan berbatasan langsung dengan wilayah darat Timor Leste, perairan Australia dan Samudera Hindia. Timor Leste adalah bekas wilayah Indonesia yang telah memisahkan diri menjadi negara sendiri pada tahun 1999, dahulu wilayah ini dikenal dengan Provinsi Timor Timur
  3. Batas-batas wilayah Indonesia sebelah barat
    Sebelah barat wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan perairan negara India. Tidak ada negara yang berbatasan langsung dengan wilayah darat Indonesia disebelah barat.
  4. Batas-batas wilayah Indonesia sebelah timur
    Wilayah timur Indonesia berbatasan langsung dengan daratan Papua Nugini dan perairan Samudera Pasifik. Indonesia dan Papua Nugini telah menyepakati hubungan bilateral antar kedua negara tentang batas-batas wilayah, tidak hanya wilayah darat melainkan juga wilayah laut. Wilayah Indonesia sebelah timur, yaitu Provinsi Papua berbatasan dengan wilayah Papua Nugini sebelah barat, yaitu Provinsi Barat (Fly) dan Provinsi Sepik Barat (Sandaun).

Tags: