Pengertian Karya Ilmiah dan Jenis-jenis Karya Ilmiah

1 min read

Pengertian Karya Ilmiah dan Jenis-jenis Karya Ilmiah – Karya ilmiah umumnya dijumpai dalam dunia pendidikan. Setiap jenjang pendidikan, tak terkecuali pendidikan tinggi menggunakan karya ilmiah sebagai salah satu syarat bagi seseorang untuk mendapatkan gelar pendidikannya. Karya ilmiah ditulis berdasarkan kegiatan penelitian yang dilakukan. Ada banyak jenis karya ilmiah yang ada didalam dunia pendidikan disesuaikan dengan jenjang pendidikan yang ditempuh.

Pengertian Karya Ilmiah
Pengertian Karya Ilmiah

Pada pembahasan kali ini, akan diulas mengenai Pengertian Karya Ilmiah dan Jenis-jenis Karya Ilmiah agar Anda lebih memahami. Berdasarkan definisinya, karya ilmiah adalah suatu tulisan yang didalamnya mengulas tentang permasalahan berdasarkan dari penyelidikan, pengamatan, maupun pengumpulan data dan di tulis menggunakan bahasa yang baku. Karya tulis ilmiah adalah suatu karya tulis hasil penelitian, yang digunakan untuk kepentingan  mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan lain-lain. Data yang didapatkan bisa melalui kegiatan kajian pustaka, mengumpulkan pengalaman selama penelitian, dan juga berdasarkan pengetahuan orang lain sesuai dengan fakta.

Jenis – Jenis Karya Ilmiah

Setelah dijabarkan mengenai definisi dari karya ilmiah, berikut adalah jenis-jenis karya ilmiah sesuai dengan jenjang pendidikan.

  1. Artikel

Sebuah tulisan yang isinya berupa pendapat subjektif dengan penulisan tentang suatu masalah atau peristiwa tertentu. Artikel merupakan karya tulis yang disusun agar bisa dimuat dalam sebuah jurnal atau buku yang berisikan artikel yang memiliki konteks ilmiah. Hasil pemikiran dan kajian pustaka atau pun hasil pengembangan sebuah proyek adalah hal yang diangkat dalam artikel ilmiah.

  1. Makalah

Suatu bentuk karya ilmiah yang didalamnya menyajikan sebuah masalah dengan penyelesaian yang mengandalkan data beragam yang ada di lapangan. Makalah bisa bersifat empiris dan juga objektif dan biasanya dipresentasikan dalam sebuah kegiatan dengan bentuk seminar.

  1. Skripsi

Karya ilmiah dengan penulis seorang mahasiswa yang disusun untuk mendapatkan gelar sarjana (S1). Skripsi berisi pendapat penulis yang mengacu dan atau berdasarkan teori yang telah ada.

  1. Kertas Kerja atau Work paper

Hampir sama dengan makalah, kertas kerja dibuat dengan analisis yang lebih mendalam dan tajam dan dipresentasikan pada kegiatan seminar atau lokakarya dengan dihadiri oleh ilmuwan.

  1. Paper

Sebutan khusus untuk makalah pada kalangan mahasiswa dengan sistematika penulisan yang sama dengan artikel dan makalah, disesuaikan dengan panduan yang berlaku pada perguruan tinggi yang bersangkutan.

  1. Tesis

Karya tulis ilmiah mahasiswa pada program studi S2 atau Pascasarjana dengan sifat yang lebih mendalam daripada skripsi. Tesis dibuat untuk mengungkapkan pengetahuan baru yang didapat dari hasil penelitian yang dilakukan.

  1. Disertasi atau Ph.D thesis

Jenis karya ilmiah dengan jenjang pendidikan mahasiswa program S3 atau guna meraih gelar Doktor/Dr. Disertasi mengemukakan analisis yang dapat dibuktikan oleh penulis berdasarkan data dan fakta yang sahih atau valid dengan analisis yang terinci. Disertasi berisi temuan penulis yang temuannya bersifat orisinal.

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian Karya Ilmiah dan Jenis-jenis Karya Ilmiah yang bisa Anda simak. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *