Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku Beserta Contohnya

Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku Beserta Contohnya –Materi dalam bahasa Indonesia sangatlah banyak yang harus dipelajari agar ketika kita menyampaikan bisa sesuai dengan kaidah yang ada. Mengapa hal ini diperlukan? Hal ini ditujukan untuk menghindari kesalahan pencampuran terutama dalam berbagai hal penulisan dan penggunaan bahasa itu sendiri.

Pada bahasan kali ini Kita akan membahas mengenai Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku Beserta Contohnyayang bisa Anda simak. Tentu Anda sudah familiar dengan penggunaan kata, apalagi kata baku dan tidak baku yang ada di dalam bahasa Indonesia. Seringnya kita mencampur adukkan penggunaan kata baku dan kata tidak baku dalam keseharian kita menggunakan bahasa. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini!

Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku Beserta Contohnya
Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku Beserta Contohnya

Kata baku merupakan kata yang dipakai dalam kegiatan berbahasa yang sesuai dengan aturan kaidah yang telah ditentukan didalam Bahasa Indonesia. Penggunaan kata baku biasanya untuk acara resmi baik itu lisan maupun tertulis, seperti penyiaran berita, atau forum rapat, dan kegiatan yang sifatnya formal. Kata baku sangat jarang digunakan untuk aktivitas berbahasa atau percakapan sehari-hari diluar suatu forum. Anda bisa melihat referensi kata baku melalui Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Ciri-ciri Kata Baku

  • Digunakan pada situasi formal, forum resmi, seminar, workshop, karya ilmiah, wacana teknis, rapat dan lain-lain.
  • Kemantapan dinamis karena aturan yang dimilikinya tetap dan tidak akan berubah sama sekali.
  • Sifatnya kecendekiawan artinya bahwa wujud dalam kalimat, paragraf, serta satuan bahasa lain akan membawa pada penalaran yang baik.
  • Keseragaman kaidah yang artinya bahasa baku bukan merupakan penyamaan ragam bahasa melainkan tertuju pada kaidah yang sama.
  • Unsur kedaerahan atau asing dalam segi pelafalan tidak nampak

Berikut beberapa kata baku yang mungkin sering kita jumpai sehari-hari:

Apotek, atlet, bus, teknik, nasihat, foto, aktif, hakikat, kompleks, detail, justru, november, frekuensi, anugerah, kuantitas, konsekuen, hierarki, dan lain-lain.

Kata tidak baku merujuk pada kata yang penggunaannya tidak sesuai dengan kaidah yang ada di dalam Bahasa Indonesia. Kata tidak baku umumnya dipakai sebagai kata untuk percakapan sehari-hari. Kata baku memiliki fungsi mempermudah aktifitas kita dalam kegiatan bersosialisasi dengan orang lain karena dinilai lebih santai, nyaman, dan lebih mudah digunakan untuk mengakrabkan diri dengan seseorang mau pun lingkungan sosial.

Ciri-ciri kata tidak baku adalah sebagai berikut :

  • Bisa terpengaruh oleh bahasa daerah atau bahasa asing
  • Terpengaruh oleh adanya perkembangan zaman
  • Dipakai pada percakapan yang sifatnya santai
  • Bisa dibuat oleh siapa saja sesuai keinginan

Berikut beberapa contoh penggunaan kata tidak baku dalam kehidupan kita sehari-hari:

Karna, bis, objek, cuman, antri, gubug, do’a, kwalitas, nggak, ngomong, praktek, kwitansi, resiko, hirarki, cabe, dan lain-lain.

Itulah tadi sedikit penjelasan mengenai Pengertian Kata Baku dan Tidak Baku Beserta Contohnyayang bisa dijadikan referensi Anda. Semoga menambah pengetahuan !