Fadlli Robbi Fadlli Robbi merupakan Founder dari Portal Belajarmu.com. Selain itu, Sangat responsif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Kalian di Forum Tanya Jawab.

Pengertian Kekuasaan Eksaminatif Terlengkap Beserta Jawaban Soal

1 min read

Lembaga Eksaminatif

Mempelajari suatu bentuk negara dan pemerintahan, berarti juga belajar mengenai bentuk kekuasaan yang ada pada negara tertentu. Pada pembahasan kali ini mari kita bahas kekuasaan yang berjalan di negara kita tercinta ini, Indonesia. Di Indonesia sendiri jenis kekuasaan yang sudah dikenal mungkin hanya tiga: kekuasaan legistalitf, eksekutif, dan yudikatif.

Menurut UUD 1945 pembagian kekuasaan di Indonesia diatur secara horizontal atau kekuasaan negara dilakukan di tingkat pemerintahan pusat dan daerah.

Pengertian Kekuasaan Eksaminatif

Beberapa perubahan telah terjadi pada UUD 1945 dan terjadi pergeseran kekuasaan. Pergeseran kekuasaan ini terjadi pada tingkat pemerintahan yang mana membagi lagi tingkat kekuasaannya menjadi lebih terfokus pada suatu bidang, ketiga kekuasaan yang lainnya itu adalah: kekuasaan konstitutif, eksaminatif, dan moneter.

Oleh karena itu di Indonesia memiliki 6 kekuasaan yang berlaku. Pada kesempatan ini, mari kita bahas mengenai pengertian kekuasaan Eksaminatif.

Pengertian Kekuasaan Eksaminatif adalah suatu bentuk hak dan wewenang yang berhubungan dengan penyelenggaraan pemeriksaan atas pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara.

Jawaban : Sebutkan Lembaga yang menjalankan kekuasaan eksaminatif di indonesia ?

Lembaga eksaminatif di Indonesia dilaksanakan oleh BPK

Menurut UUD pasal 23 E ayat 1 yang menyatakan bahwa untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab tentang keuangan negara diadakan satu Badan Pemeriksa Keuangan yang bebas dan Mandiri. Oleh karena itu, Badan Pemeriksa Keuangan atau BPK inilah yang memiliki hak dan wewenang sebagai suatu badan yang menyelenggarakan kekuasaan eksaminatif di Indonesia.

Jawaban : Tugas Lembaga Eksaminatif adalah ?

Dilihat dari keseluruhan peranan yang dimiliki oleh BPK sebagai badan penyelenggara kekuasaan eksaminatif, kita dapat menyimpulkan empat (4) peranan yang menonjol:

  1. Karena BPK mengawasi segala bentuk keuangan yang terjadi di dalam negara, maka peran pertama yang harus dilakukan BPK adalah meningkatkan kegiatan dalam pemberantasan KKN.
  2. Setiap tahun perekonomian negara dan segala bentuk transaksi uang negara selalu dipantau. Di sinilah peran BPK untuk meningkatkan transparansi dan akuntabilitas keuangan negara.
  3. Bertindak sebagai penyelenggara eksaminatif maka BPK wajib membantu pemerintah untuk mengimplementasikan paket tiga UU tentang Keuangan Negara tahun 2003-2004.
  4. BPK juga harus membantu pemerintah dalam melakukan reforlasmi institusional, termasuk restrukturalisasi BUMN dan badan pelayanan umum seperti sekolah/universitas dan rumah sakit.

Keempat peranan paling menonjol ini diperlukan karena BPK harus melakukan akuntabilitas yang dapat memperlihatkan bagaimana pelaksanaan program yang dibiayai keuangan negara berjalan serta bagaimana tingkat kepatuhannya berjalan.

Jawaban : Jelaskan yang di maksud Kekuasaan Eksaminatif ?

Meski demikian, BPK sebagai lembaga eksaminatif negara memiliki batasan dalam pemeriksaan pengelolaan dan tangungjawab keuangan negara. Kekuasaan mereka terbatas pada Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Bank Indonesia, Lembaga Negara lainnya seperti BUMN, Badan Layanan Umum, BUMD, dan semua lembaga lainnya yang memang mengelola keungan negara.

Menyanding nama Badan Pengawas Keuangan, sebenarnya BPK ini tidak hanyak melihat bagaimana keuangan yang terjadi tetapi juga mencakup pemeriksaan kinerja, keuangan, dan pemeriksaan dengan adanya maksud tertentu. Seperti misalnya saat BPK berhasil memberikan bukti-bukti adanya korupsi yang dilakukan oleh aparat negara.

Segala bentuk kegiatan dan hasil laporan yang didapat oleh BPK ini kemudian dilaporkan atau diserahkan kepada DPD, DPR, dan DPRD. Hasil pemeriksaan keuangan ini dalam bentuk tertulis kepada Presiden, Gubernur, dan Bupati/Walikota.

Sampai sejauh ini terlihat bahwa negara Indonesia memiliki berbagai lembaga untuk mengatur bidang-bidang tertentu demi lancarnya jalan pemerintahan suatu negara. Oleh karena itu, sebagai rakyat atau masyarakat Indonesia hendaknya ikut serta dalam mendukung serta mengawasi lembaga negara tersebut. Nah, apa teman-teman sudah memahami apa pengertian kekuasaan eksaminatif tersebut?

Fadlli Robbi Fadlli Robbi merupakan Founder dari Portal Belajarmu.com. Selain itu, Sangat responsif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Kalian di Forum Tanya Jawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *