Pengertian Kerja Sama Menurut Para Ahli

Pengertian kerja sama menurut para ahli  – Tahukah teman-teman jika dalam mempelajari suatu ilmu sosial berarti juga akan mempelajari bagaimana sesuatu terjadi. Contoh kecilnya saja sesuatu yang selalu kita sebut dengan ‘kerja sama’. Pernahkah teman-teman memikirkan pengertian ‘kerja sama’? Sederhana bukan? Tapi tidak semua orang memikirkannya lho. Nah, karena suatu kegiatan yang kita sebut ‘kerja sama’ ini dilakukan oleh lebih dari satu orang makan suatu ‘kerja sama’ melibatkan hubungan sosial seseorang.

Pengertian Kerjasama menurut Para Ahli
Pengertian Kerjasama menurut Para Ahli

Coba yuk kita simak bersama pengertian kerja sama menurut para ahli berikut ini:

Pengertian Kerja Sama Menurut Para Ahli

  1. Written Agreements

Seseorang bernama Written Agreements mengungkapkan gagasannya tentang pengertian kerja sama. Jika kita melihat pengertian kerja sama menurut Written maka kerja sama adalah suatu kegiatan sharing sumber daya, joint purchasingatau kerja sama pembelian barang, equipment sharing yaitu kerja sama peralatan, cooperative constructionatau suatu kerja sama dalam mendirikan bangunan, kerja sama dalam bidang pelayanan. Jika dilihat lagi, itu merupakan pengertian kerja sama secara sempit.

  1. Handshake Agreements

Ada lagi yang mengatakan bahwa suatu kerja sama ialah suatu pekerjaan atau kegiatan yang diatur bukan atas dasar perjanian yang di tulis.

  1. Tangkilisan

Suatu kerja sama juga bisa disebut sebagai kekuatan yang timbul pada suatu kelompok dan kekuatan ini bisa digunakan untuk mengatur atau mempengaruhi keputusuan kelompok.

  1. Rosen

Berbeda dengan Rosen, ia mengemukaan pendapatnya tentang pengertian kerja sama dalam suatu ranah ekonomi pada bidang jual beli. Jadi menurutnya, suatu kerja sama adalah suatu kegiatan yang efisien untuk kualitas pelayanan.

  1. Thomson Dan Perry

Suatu kegiatan yang berbeda mulai dari koordinasi dan kooperasi suatu organisasi atau seseorang dengan orang lain, atau antar kelompok sehingga terjadi kolaborasi adalah pengertian kerja sama menurut Thomson Dan Perry.

  1. Pamudji

Jika dua orang atau lebih melakukan suatu interaksi baik antar individu atau kelompok hingga tercapailah tujuan bersama yang dinamis bisa disebut dengan kerja sama. Menurut Pamudji kerja sama terjadi karena tiga unsur yaitu orang yang melakukan kerja sama, adanya interaksi dan memiliki tujuan yang sama.

  1. Zainudin

Yang terakhir menjelaskan cukup lengkap mengenai pengertian kerja sama. Menurut Zainudin suatu kerja sama adalah bentuk kepedulian seseorang terhadap individu atau kelompok sehingga terbentuk suatu kegiatan bersama untuk menggapai suatu tujuan yang sama dan akan menguntungkan semua anggota atau orang yang terlibat tanpa mengabaikan norma yang berlaku. Bentuk kerja sama yang dimaksud oleh Zainudin ini terjadi pada suatu organisasi untuk mencapai tujuan tertentu yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Setelah membaca beberapa pengertian kerja sama menurut para ahli, bisakah teman-teman menyimpulkan apakah pengertian kerja sama itu sendiri?

Secara ringkas suatu kerja sama adalah suatu kegiatan yang melibatkan lebih dari satu orang bisa antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, atau kelompok dengan kelompok demi mencapai tujuan bersama yang sudah ditentukan sebelumnya agar semua orang yang terlibat dapat diuntungkan atau tidak dirugikan tanpa mengabaikan norma-norma yang berlaku dalam segala aspek kehidupan seperti kehidupan bermasyarakat, dalam organisasi, atau lingkungan kantor. Bentuk kerja sama ini juga bisa dalam bentuk hitam diatas putih atau hanya kesepakatan bersama saja.

Seperti itulah kira-kira suatu pengertian kerja sama yang terjadi dalam kehidupan sosial. Nah, setelah pembahasan di atas, apa pengertian kerja sama menurut teman-teman?