Pengertian Kesehatan dan Jenis-jenis Kesehatan Manusia

Satu hal yang paling diingikan oleh manusia di dunia ini selain kekayaan material adalah kesehatan. Kesehatan adalah sesuatu hal yang tidak bisa dibeli dengan uang. Ketika jasmani dan rohani tubuh kita sakit, maka apa gunanya uang yang banyak itu. Nah, berbicara tentang kesehatan, apakah teman-teman sebetulnya sudah memahami apa pengertian dari kesehatan itu sendiri? Pada artikel ini, yuk kita kenali lebih dalam mengenai pengertian kesehatan dan jenis-jenis kesehatan pada manusia.

Pengertian Kesehatan

Sederhananya, kesehatan adalah kondisi di mana tubuh kita terbebas dari segala gangguan ataupun penyakit baik secara fisik maupun psikis. Malah, saat kita melihatnya lebih dalam lagi kita akan mengetahui secara luas bahwa kesehatan adalah keadaan dimana kita merasa sejahtera mulai dari badan atau fisik kita, jiwa kita, dan bahkan sosial atau lingkungan kita hidup dalam bermasyarakat yang membantu kita untuk hidup secara produktif baik secara sosial dam ekonomis.

Jenis Jenis Kesehatan
Jenis Jenis Kesehatan

Nah, jika pengertiannya saja mencakup kesehatan fisik dan psikis bahkan sosial. Tentu saja ada beberapa jenis kesehatan  yang harus teman-teman ketahui. Yuk, simak apa saja jenis-jenis kesehatan pada manusia.

Jenis-Jenis Kesehatan Manusia

Selanjutkan, kita akan membahas tentang jenis-jenis kesehatan. Di paragraf sebelumnya sudah disinggung jika kesehatan itu menyangkut jasmani dan psikis bahkan sampai ke kehidupan sosial seseorang. Nah, dari sana kita bisa melihat dengan jelas jika jenis-jenis kesehatan di bagi dua. Yaitu kesehatan mental dan kesehatan fisik.

Kesehatan Mental

Saat membicarakan kesehatan mental atau jiwa kita sering mengartikannya dengan orang yang tidak waras atau gila. Tidak salah, perlu teman-teman ketahui jika kesehatan mental memang dilihat dari kondisi kejiwaan atau mental seseorang tapi tidak semua orang yang mengalami gangguan kesehatan mental itu adalah orang gila. Lebih tepatnya jika kesehatan mental sangat erat dengan pikiran atau seuatu yang lebih membuat kita stress.

Pada kondisi kehidupan jaman modern ini hampir semua orang kesulitan untuk tidak memiliki gangguan kesehatan mental. Mengapa? Karena tingkat stress yang dialami sangatlah berat dan tekanan semakin besar. Oleh karena itu, di negara maju seperti Jepang, Korea, China, Amerika dan negara maju lainnya membuat masyarakatnya mengalami stress bahkan sampai ingin bunuh diri.

Gejala awal kesehatan mental biasanya diawali dengan kondisi dimana kita sangat sulit mengontrol emosi, sulit tidur, tidak nafsu makan, selalu berpikir negatif bahkan sampai tahap yang parah yaitu mengakhiri hidup.

Kesehatan Fisik

Jika kesehatan mental terkadang sulit untuk dilihat, kesehatan fisik seseorang lebih mudah lagi untuk dilihat. Kesehatan fisik ini dapat dilihat dari fisik seseorang, bahkan jika yang terserah adalah organ dalam sudah ada alat kesehatan yang mampu mendeteksi gangguan fisik seseorang dan umumnya kesehatan fisik lebih mudah untuk disembuhkan karena penyebab dari gangguan fisik cenderung mudah di identifikasi dan ditemukan penyebabnya.

Gangguan kesehatan fisik ini sangat erat kaitannya dengan pola hidup yang kita jalani. Mulai dari kebersihan lingkungan hidup, pola makan, bahkan kadang faktor keturunan sangat berpengaruh terhadap kesehatan fisik seseorang. Oleh karena itu akan lebih baik jika kita memiliki pola hidup sehat seperti mengonsumsi makanan sehat dan berolah raga.

Yang perlu diwaspadai adalah ketika seseorang mengalami gangguan kesehatan fisik yang berat atau parah seperti terkena kanker, diabetes, atau penyakit lain yang sulit disembuhkan juga akan berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang. Mulai sekarang, yuk jaga kesimbangan kesehatan kita baik secara fisik dan mental.