Fadlli Robbi Fadlli Robbi merupakan Founder dari Portal Belajarmu.com. Selain itu, Sangat responsif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Kalian di Forum Tanya Jawab.

Pengertian Masalah Sosial dan Contohnya Maupun Penyebabnya

1 min read

Pengertian Masalah Sosial dan Contohnya Maupun Penyebabnya – Siapa sih yang tidak pernah merasakan masalah? Semua orang pasti memiliki masalah yang bisa ditanggung maupun yang tidak bisa ditanggung. Masalah yang muncul pun banyak macamnya, ada masalah pribadi dan juga masalah umum yang terjadi di masyarakat.

Pengertian Masalah Sosial dan Contohnya Maupun Penyebabnya
Pengertian Masalah Sosial dan Contohnya Maupun Penyebabnya

Pengertian Masalah Sosial

Kehidupan masyarakat yang beraneka macam jika tidak selaras akan menimbulkan bentrokan kepentingan. Bentrokan kepentingan ini bisa menjadi pemicu perpecahan yang terjadi didalam masyarakat atau lingkungan tertentu. Hal ini yang sering disebut dengan masalah sosial. Apa sih masalah sosial itu? Berikut Pengertian Masalah Sosial dan Contohnya Maupun Penyebabnya.

Masalah sosial yang muncul didalam masyarakat bisa dikenali dengan beberapa ciri berikut:

  • Masalah sosial bisa terjadi karena mencerminkan atau terkait dengan kesadaran moral anggota masyarakat didalamnya.
  • Keresahan umum yang terjadi didalam lingkungan masyarakat telah menggambarkan adanya bentuk persamaan persepsi yang mengacu pada  ancaman dari suatu masalah.
  • Masyarakat mulai timbul kesadaran jika masalah yang muncul tidak dapat diatasi sendiri namun harus ada upaya kerja sama.

Faktor – Faktor Munculnya Masalah Sosial

Faktor-faktor yang bisa dilihat untuk mengidentifikasi penyebab munculnya masalah sosial yang terjadi di masyarakat, diantaranya:

1. Faktor Ekonomi

Faktor ekonomi merupakan salah satu faktor yang sering muncul di masyarakat. Faktor ekonomi cenderung mudah dilihat karena adanya kesenjangan yang terjadi seperti kemiskinan, pengangguran, dan lain sebagainya. Penyelesaian untuk faktor ekonomi ini umumnya diselesaikan oleh bantuan dan tanggung jawab pemerintah.

2. Faktor Budaya

Masyarakat yang semakin berkembang karena pengaruh jaman juga mempengaruhi kebudayaan yang ada dalam masyarakat. Hal ini juga meningkatkan resiko adanya masalah sosial. Masalah sosial yang muncul akibat budyaa dar masyarakat antara lain perceraian, pernikahan usia dini dan masih banyak yang lainnya.

3. Faktor Biologis

Masalah sosial yang muncul dari faktor biologis biasanya terjadi akibat kurangnya fasilitas yang terkait dengan kesehatan yang memadai dan layak, pengetahuan masyarakat tentang kesehatan dan kebersihan. Terkait dengan hal ini, faktor ekonomi juga memiliki andil, terutama sebagai pemenuhan akan kebutuhan pangan, sandang dan papan yang dibutuhkan masyarakat. Contoh masalah sosial karena faktor biologis adalah kurang gizi, penyakit menular, dan yang lainnya.

4. Faktor Psikologis

Faktor psikologis bisa muncul karena terkait dengan kondisi beban hidup yang dirasakan masyarakat. Beban hidup yang dijalani terlalu berat, pekerjaan yang menumpuk dan menimbulkan stres juga membuat seseorang akan meluapkan emosi yang jika tidak dikelola maka akibatnya muncul konflik antar anggota dalam masyarakat. Contoh masalah sosial yang muncul karena faktor psikologis adalah mudahnya masyarakat tersulut emosi dan terjadi bentrokan secara fisik antar warga.

Demikianlah ulasan mengenai Pengertian Masalah Sosial dan Contohnya Maupun Penyebabnya yang bisa Anda simak untuk menambah referensi. Semoga bermanfaat!

Fadlli Robbi Fadlli Robbi merupakan Founder dari Portal Belajarmu.com. Selain itu, Sangat responsif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Kalian di Forum Tanya Jawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *