Fadlli Robbi Fadlli Robbi merupakan Founder dari Portal Belajarmu.com. Selain itu, Sangat responsif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Kalian di Forum Tanya Jawab.

Modernisasi : Pengertian, Ciri, Dampak, Contoh Modernisasi

3 min read

contoh modernisasi dan pengertian modernisasi

Modernisasi : Pengertian, Ciri, Dampak, Contoh – Anda hidup dijaman modern, jaman dimana segala aspek kehidupan tersentuh teknologi canggih. Modern mencakup banyak aspek, lantas apa bedanya dengan modernisasi? Secara ilmu sosial, modernisasi merupakan  perubahan-perubahan dalam masyarakat yang keadaannya bergerak dan berubah dari yang tradisional atau masyarakat pra modern mengarah pada suatu masyarakat yang modern.

contoh modernisasi dan pengertian modernisasi
contoh modernisasi dan pengertian modernisasi

Pengertian Modernisasi

Para ahli merumuskan beberapa definisi modernisasi sebagai berikut:

  • Widjojo Nitisastro
    Modernisasi adalah suatu transformasi total dari kehidupan bersama yang tradisional atau pra modern dalam arti secara teknologi serta organisasi sosial, ke arah pola-pola ekonomis dan politis.
  • Soerjono Soekanto
    Modernisasi merupakan suatu bentuk dari perubahan sosial yang terarah yang didasarkan pada suatu perencanaan atau social planning.

Ciri-Ciri Modernisasi

Perubahan secara terarah menuju ke arah yang lebih modern ini bisa diidentifikasi dengan beberapa ciri-ciri yang nampak. Proses masyarakat menjadi modern, bisa dibedakan menjadi beberapa aspek, yakni:

  • Aspek sosio demografis
    Aspek sosio demografis berkaitan dengan mobilitas sosial yang mana proses perubahan unsur-unsur sosial, ekonomis dan psikologis masyarakat mulai menuju ke arah pola peluang yang baru melalui sosialisasi dan pola perilaku yang terwujud secara aspek nilai kehidupan modern, seperti urbanisasi dan meningkatnya pendapatan per kapita.
  • Aspek struktur organisasi sosial
    Aspek ini berkaitan dengan perubahan unsur-unsur dan norma yang ada dalam masyarakat yang bisa terwujud jika manusianya mengadakan hubungan dengan sesama dalam lingkungan kehidupan bermasyarakat. Lingkungan kehidupan masyarakat didalamnya menyangkut lembaga kemasyarakatan, norma sosial, pelapisan sosial, kekuasaan dan wewenang serta interaksi sosial

Dampak Modernisasi

Beralihnya masyarakat menjadi lebih modern, membawa dampak tersendiri pada kehidupan bermasyarakat. Dampak yang muncul pada masyarakat, dibagi menjadi positif dan negatif dengan rincian:

Dampak Positif Modernisasi

  1. Memperkuat Integrasi dalam Masyarakat
    Manusia berkembang dan menjadi lebih modern sehingga terbuka dengan hal-hal baru disekelilingnya. Hal ini membuat proses komunikasi menjadi lancar sehingga hubungan antar masyarakat menjadi semakin baik.
  2. Peningkatan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (iptek)
    Manusia yang berubah menjadi modern memiliki rasa ingin tahu yang lebih baik sehingga akan lebih terbuka pada ilmu pengetahuan dan teknologi baru yang sekiranya dapat membantu pekerjaan menjadi lebih baik dan lebih cepat.
  3. Kemajuan di Bidang Industri
    Banyak hal dalam kehidupan masyarakan modern yang berkembang dengan adanya teknologi, sehingga bidang industri pembuat teknologi berkembang sehingga mempercepat berbagai macam proses. Proses yang turut berubah adalah proses produksi hingga distribusi.
  4. Meningkatkan Kesadaran Politik dan Demokrasi
    Infrastruktur yang semakin baik, membuat masyarakat menjadi mulai sadar atas segala hal yang ada dalam kehidupannya. Hal lain yang turut berubah adalah kesadaran politik dan demokrasi yang informasinya bisa diakses oleh masyarakat melalui media cetak dan elektronik.
  5. Kemajuan di Bidang Transportasi
    Bidang transportasi juga berkembang seiring semakin canggihnya sistem dan teknologi mulai dari kendaraan bermotor seperti bus, taksi, kereta api, pesawat terbang, dan kapal laut. Bidang ini mulai berlomba-lomba mengembangkan produk yang semakin efektif dan efisien serta menambah fasilitas pada armada mereka untuk melayani masyarakat.

Dampak Negatif Modernisasi

Banyaknya dampak positif yang dirasakan masyarakat yang menuju modern, tak luput memiliki dmapak negatif yang turut mengiringi. Apa saja? Berikut dampak negatif dari modernisasi:

  1. Kesenjangan Sosial dan Ekonomi
  2. Timbulnya kelompok kelas sosial tertentu
    Terjadi perbedaan kelas berdasarkan tingkat tinggi rendahnya pendidikan yang ditempuh.
    Terjadinya berbagai masalah sosial dalam keluarga, terutama antara orang tua dengan anak-anaknya dalam hal pola pikir. Terjadi perbahan sosial budaya dalam masyarakat yang sulit untuk dihindarkan, seperti pengaruh pergaulan bebas, minum-minuman keras, mode pakaian, gaya rambut, dan lain-lain.
  3. Adanya jurang yang semakin dalam antara kaya dan miskin.
    Budaya konsumerisme pada sekelompok masyarakat yang selalu ingin memiliki barang baru yang beredar di pasar. Kelompok masyarakat yang kaya secara mendadak karena berhasil dalam bidang usahanya.
  4. Pencemaran Lingkungan Alam
    Dibangunnya berbagai infrastruktur industri dan pembangunan di segala bidang kehidupan Pencemaran sungai karena banyak industri yang membuang limbahnya ke sungai.  Pencemaran udara akibat asap pabrik dan kendaraan bermotor.
  5. Kriminalitas
    Kejadian kriminalitas meningkat seiring berubahnya keadaan ekonomi sebagai akibat dari meningkatnya harga kebutuhan hidup, ketersediaan kesempatan kerja, serta tingginya gaya hidup masyarakat. Demi memenuhi hal itu, masyarakat yang tidak memiliki kemampuan dan kesempatan mengambil langkah dengan melakukan tindakan kejahatan kriminal. Tindakan kejahatan ini menyebabkan pihak lain menjadi kehilangan harta benda, cacat tubuh, hingga kehilangan nyawa.

Contoh Modernisasi

  • Komunikasi
    Komunikasi menjadi bagian yang terdampak akibat adanya modernisasi. Dahulu masyarakat menggunakan alat bantu komunikasi untuk mengirim kabar dengan mengirim surat kepada kerabat yang jauh. Saat ini akibat adanya modernisasi, mengirim surat bisa menggunakan telepon yang lebih cepat dan lebih mudah. Teknologi telepon terus berubah menjadi lebih canggih untuk menunjang komunikasi seseorang.
  • Pekerjaan
    Modernisasi dibidang pekerjaan adalah munculnya alat bantu kerja dengan teknologi yang lebih maju. Jika dahulu alat bantu kerja belum secanggih sekarang yang menggunakan mesin dan bahkan robot untuk menggantikan posisi manusia. Modernisasi teknologi penunjang pekerjaan ini meningkatkan produktifitas dan efisiensi waktu dalam segala sektor.
  • Pendidikan
    Modernisasi dibidang pendidikan juga terlihat pada sistem belajar yang lebih mudah. Jika dahulu banyak orang harus menghadiri kelas untuk mendapatkan ilmu, sekarang belajar bisa kapan pun dan dimana pun. Materi ajar pun bisa dikirim atau dicari dengan lebih mudah. Kecanggihan teknologi membuat belajar bisa dilakukan diruang yang berbeda dengan terhubung koneksi internet untuk video call.

Demikianlah ulasan mengenai Modernisasi : Pengertian, Ciri, Dampak, Contoh yang bisa Anda pelajari. Semoga membantu.

Fadlli Robbi Fadlli Robbi merupakan Founder dari Portal Belajarmu.com. Selain itu, Sangat responsif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Kalian di Forum Tanya Jawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *