Pengertian Sistem Pemerintahan dan Macam-macam Sistem Pemerintahan

Belajar mengenai suatu negara, berarti belajar mengenai sistem pemerintahan itu sendiri. Sistem pemerintahan berarti segala peraturan yang dimiliki suatu pemerintahan untuk mengatur pemerintahan negaranya. Tidak semua orang bisa dan dapat seenak mengganti dan mengatur suatu sistem pemerintahan. Di dalam sebuah negara, hanya ada beberapa orang saja yang diberikan wewenang untuk mengatur suatu negara demi mewujudkan visi dan misi sebuah pemerintahan.

Pengertian Sistem Pemerintahan

Sistem pemerintahan adalah suatu tatanan utuh yang terdiri atas berbagai komponen yang bekerja saling bergantung dan mempengaruhi dalam mencapai tujuan dan fungsi pemerintahan.

sistem pemerintahan indonesia
sistem pemerintahan indonesia

Setiap negara memiliki sistem pemerintahannya masing-masing. Perlu teman-teman ketahui bahwa tidak semua sistem dapat diterapkan pada setiap negara. Oleh karena itu, ada beberapa sistem pemerintahan yang biasanya diterapkan oleh suatu negara. Yuk, simak apa saja macam-macam sistem pemerintahan.

Macam – Macam Sistem Pemerintahan

  1. Sistem Pemerintahan Parlementer

Sistem Pemerintahan Parlementer
Sistem Pemerintahan Parlementer

Tahukah kamu jika sistem pemerintahan parlementer  adalah salah satu sistem yang digunakan oleh banyak negara. Di dalam sistem ini artinya parlemen sangat berpengaruh dan memiliki kuasa yang sangat besar di dalam suatu pemerintahan. Salah satu contoh besarnya saja adalah suatu parlemen berhak dan memiliki wewenang untuk mengangkat perdana menteri sekaligus menjatuhkan siapapun yang sedang memimpin negara saat itu dengan cara mengeluarkan mosi tidak percaya.

  1. Sistem Pemerintahan Presidensial

sistem pemerintahan presidensial
sistem pemerintahan presidensial

Dilihat dari namanya, sistem pemerintahan presidensial berarti seluruh kekuasaan atau kekuasaan tertinggi dimiliki oleh presiden. Pada sistem ini, seorang presiden berhak untuk mengambil berbagai keputusan dan kebijakan untuk negara sebagai seorang kepala negara.

  1. Sistem Pemerintahan Semi Presidensial

Sistem Pemerintahan Semi Presidensial

Setelah membahas sistem pemerintahan presidensial dan parlementer, sistem pemerintahan semi presidensial ini adalah gabungan dari kedua sistem. Yaitu sistem presidensial dan parlementer. Nah, kedua sistem yang bersatu ini membentuk suatu sistem yang membuat kekuasaan pada suatu negara dipegang oleh dua pihak yaitu di tangan presiden sebagai kepala negara dan di tangan parlemen sebagi wakil dari rakyat.

  1. Sistem Pemerintahan Liberal

Sistem Pemerintahan Liberal
Sistem Pemerintahan Liberal

Liberal yang berarti bebas juga bisa digunakan sebagai suatu sistem pemerintahan. Di dalam sebuah sistem pemerintahan liberal berarti menganut asas kebebasan sebagai landasan penetapan kebijakannya. Sayangnya, dalam sistem ini pemerintah tidak banyak menetapkan kebijakan untuk mengatur negaranya malah mayoritas kebijakaan yang ada dibuat oleh pihak swasta.

  1. Sistem Pemerintahan Demokrasi Liberal

Sistem Pemerintahan Demokrasi Liberal
Sistem Pemerintahan Demokrasi Liberal

Saat mendengar suatu sistem pemerintahan menganut sistem pemerintahan demokrasi liberal tentu teman-teman sudah mengira jika sistem tersebut merupakan gabungan dari dua sistem yaitu demokrasi dan liberal. Jika suatu negara mengandalkan sistem ini untuk sistem pemerintahan, berarti kekuasaan tertinggi dipegang oleh kepala pemerintahan yang ditunjuk langsung oleh rakyat.

  1. Sistem Pemerintahan Komunis

Nah, yang satu ini merupakan suatu sistem yang menganut sistem sama rata sama rasa. Dari namanya saja teman-teman tentu sudah menbak jika sistem komunis ini berasal dari asas komunisme. Meski begitu, sistem ini diterapkan pada beberapa negara. Di dalam sistem ini semua orang harus hidup setara. Tidak ada orang yang terlalu miskin ataupun terlalu kaya. Masyarakatnya harus hidup saling membantu dan mendukung.

Nah, sudah tahukan kalau ternyata suatu sistem pemerintahan itu bermacam-macam dan memiliki ketentuannya masing-masing. Sekali lagi, tidak ada sistem pemerintahan yang sempurna. Setiap negara memilih sistem pemerintahan yang terbaik di mana sistem tersebut benar-benar bisa mewujudak visi dan misi yang berdampak baik bagi semua. Tidak ada sistem sempurna, tapi tentu saja ada sistem yang paling tepat untuk diterapkan pada masing-masing negara. Suatu sistem juga tidak akan berjalan dengan baik tanpa dukungan kalian.