Fadlli Robbi Fadlli Robbi merupakan Founder dari Portal Belajarmu.com. Selain itu, Sangat responsif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Kalian di Forum Tanya Jawab.

Pengertian Struktur Sosial dan Fungsi Struktur Sosial

1 min read

Pengertian Struktur Sosial dan Fungsi Struktur Sosial – Mempelajari sebuah ilmu sosial berarti juga mempelajari struktur dan fungsi sosial. Biasanya sih teman-teman akan menemui pembahasan in saat sedang mempelajari sosiologi. Manusia sebagai makhluk sosial tentunya tidak bisa lepas dari bantuan orang lain. Saat teman-teman memperhatikannya tentu teman-teman akan melihat suatu struktur yang terbentuk di suatu tempat.

 

Bentuk Struktur Sosial
Bentuk Struktur Sosial

Pengertian Struktur Sosial

Mari terlebih dahulu kita bahas pengertian struktur sosial secara bahasa. Dilihat dari namanya ‘struktur sosial’ terdiri dari dua kata, yaitu struktur dan sosial. Kata ‘struktur’ berasal dari kata structum atau bisa berarti menyusun atau susunan. Sosial yang kita kenal berarti suatu hubungan yang terjadi di dalam masyarakat atau individu dengan individu, individu dengan kelompok dan kelompok dengan kelompok. Jika kita tarik kesimpulan, maka struktur sosial secara bahasa berarti susuan ada di dalam suatu hubungan masyarakat untuk menciptakan keteraturan.

Lebih lengkapnya lagi jika struktur sosial adalah suatu susunan atau tatanan yang sengaja dibentuk didalam suatu kehidupan sosial yang di dalamnya menyangkut tentang hubungan status sosial dan peran sosial di dalam kehidupan bermasyarakat. Mudahnya saja, saat kita berada di rumah dan melihat kehidupan bermasyarakat pasti disana terbentuk suatu organisasi atau kegiatan berkelompok layaknya organisasi pemuda, ibu-ibu arisan atau PKK, kemudian ada tokoh agama, keluarga, dan lainnya.

Fungsi Struktur Sosial

Diciptakannya struktur sosial dalam kehidupan bermasyarakat tentunya memiliki fungsi tertentu yang bertujuan agar keteraturan kehidupan bermasyarakat menjadi lebih jelas. Adanya struktur sosial juga secara tidak langsung akan membentuk suatu norma yang mengatur setiap kegiatan dan kehidupan bermasyarakat. Berikut fungsi struktur sosial yang bisa teman-teman temukan di lingkungan sekitar:

  1. Adanya keteraturan sosial. Seperti penjelasannya sebelumnya. Adanya struktur sosial akan membentuk suatu norma baik norma hokum ataupun norma sosial yang akan memberikan dampak dalam kehidupan bermasyarakat. Biasanya peraturan ini dibentuk sesuai kesepakatan antar masyarakat agar kehidupan bermasyarakat berjalan dengan nyaman dan aman.
  2. Tujuan bersama dapat dicapai dengan lebih mudah. Suatu kehidupan bermasyarakat pasti memiliki suatu tujuan ataupun visi. Dengan adanya struktur sosial, suatu tujuan ini akan lebih mudah untuk dicapai karena semua individu secara tidak langsung akan masuk kedalam suatu susunan bermasyarakat yang menggiring mereka mencapai tujuan bersama.
  3. Terciptanya tatanan kehidupan yang lebih dinamis dan harmonis. Struktur sosial juga berfungsi untuk menciptakan suatu tatanan kehidupan. Tatanan kehidupan ini akan secara langsung mengatur masyarakatnya untuk hidup lebih baik dalam bidang sosial yang akan mengantarkan mereka ke kehidupan yang lebih harmonis dan dinamis.
  4. Struktur sosial sebagai pengawas sosial. Adanya pengaws sosial seperti orang yang ditua kan atau mulai dari RT, RW atau orang-orang yang disegani secara tidak langsung menjadi pengawas ketertiban dalam kehidupan bermasyarakat.

Dari kedua pembahasan tentang pengertian struktur sosial dan fungsi struktur sosial, teman-teman akan mengerti bahwa srtuktur sosial ini tercipta tanpa sengaja. Susunan untuk mengatur individu dalam suatu kehidupan bermasyarakat memang perlu agar kehidupan lebih teratur dan memudahkan dalam mencapai tujuan.

Coba bayangkan saja jika tidak ada struktur sosial. Maka, kehidupan bermasyarakat akan kacau karena setiap orang melakukan semua hal yang mereka inginkan tanpa memikirkan orang lain. Tidak akan ada kehidupan bermasyarakat yang harmonis. Melalui pengertian struktur sosial dan fungsi struktur sosial semoga teman-teman semakin memahami bahwa kehidupan sosial juga memiliki banyak aspek yang harus dijaga dan dijalankan bersama.

Fadlli Robbi Fadlli Robbi merupakan Founder dari Portal Belajarmu.com. Selain itu, Sangat responsif menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Kalian di Forum Tanya Jawab.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *