Sejarah Singkat Nabi Muhammad SAW Terlengkap

Sejarah Nabi Muhammad – Nabi Muhammad SAW adalah nabi dan rasul penutup yang dikirim oleh Allah SWT untuk menyempurnakan agama Islam. Jika kita uraikan satu-persatu bagaimana kisah yang sudah dilewati olehnya tidak akan cukup dan tidak akan pernah habis. Sebagai seorang muslim, mencari tahu soal sosok Muhammad SAW akan selalu terasa menyenangkan. Ia-lah sosok yang membawa umat muslim menuju jalan kebenaran yang paling benar dan terang benderang. Arti dari nama Muhammad sendiri adalah orang yang terpuji. Yuk langsung saja kita bahas sejarah singkat Nabi Muhammad SAW terlengkap di bawah ini. simak baik-baik yaa!!

Sejarah Singkat Nabi Muhammad SAW Terlengkap
Sejarah Singkat Nabi Muhammad SAW Terlengkap

Masa Kelahiran Nabi Muhammad SAW

Lahir dari Rahim seorang ibu bernama Siti Aminah dan memiliki seorang ayah bernama Abdullah, beliau lahir pada Senin 12 Rabiul Awal atau pada tanggal 22 April 571 M di kota Mekkah dan wafat pada usia 63 tahun di kota Madinah pada tanggal 8 Juni 632 M. Sebagai keturunan salah satu anggota keluarga bangsawan Bani Quraisy, Nabi Muhammad sudah menjadi yatim sebelum ia dilahirkan.  Abdul Muthalib adalah kakek yang sangat menyayanginya.

Pada saat sebelum Rasulullah lahir, zaman itu adalah zaman jahiliyah atupun zaman kebodohan yang mana hampir seluruh masyarakatnya masih menyembah patung dan berhala. Tidak hanya menyembah benda mati, mereka juga sangat suka berjudi, maksiat, mabuk-mabukan, dan merendahkan kaum wanita. Pada tahun itu juga, terjadi sebuah perang dimana Gubernur Habsyi atau raja Abrahah dari Yaman ingin menyerbu Kakbah menggunakan pasukan gajah. Maka di tahun itu dinamakan tahun gajah.

Masa Kecil Nabi Muhammad SAW

Meskipun nantinya beliau akan dijadikan oleh Allah sebagai orang yang paling mulia, namun sejak awal kehidupannya ia sudah kehilangan Ayahnya bahkan Ibunya menyusul Ayahnya pada usia 6 tahun. Setelah diurus oleh kakeknya selama 2 tahun, akhirnya kakeknya pun turut meninggal dunia pada usianya 8 tahun.

Ternyata Nabi Muhammad SAW memiliki 3 ibu susuan, yaitu Tsuaibah yang digantikan oleh Halimah As-Sa’diyah. Sejak kakeknya wafat, Rasulullah diasuh oleh pamannya Abu Thalib yang mengajak Rasulullah berdagang hingga negeri Syam.

Pada masa ini, terjadi sebuah peristiwa yang luar biasa di dalam kehidupan Nabi Muhammad SAW, yaitu dibelahnya dada Muhammad SAW. Kejadian ini bahkan terjadi pada usianya yang masih 4 tahun. Saat itu badannya ditelentangkan oleh Malaikat Jibril yang membelah dadanya dan mengambil hati dan segumpal darah. Olehnya, hati dan segumpal daging itu dibersihkan dan diletakkan kembali seperti tidak terjadi apapun.

Nabi Muhammad SAW memulai dakwahnya

Sebagai seorang Nabi dan Rasul Allah, ia diberi wahyu untuk berdakwah mengenai jalan kebenaran dalam Islam. Orang-orang pertama yang berhasil diajak untuk masuk Islam adalah Assabiqunal Awalun. Mereka adalah keluarga dan para sahabatnya seperti istrinya yaitu Siti Khadijah, sahabatnya Ali bin Abi Thalib, Abu Bakar As-Shiddiq, Utsman bin Affan, Zubair dan masih banyak lagi. Selama 3 tahun lamanya Nabi Muhammad harus melakukan dakwa secara sembunyi-sembunyi sebelum akhirnya beliau bisa secara terbuka berdakwah.

Pada masa di mana Rasulullah ditinggalkan oleh istrinya Khadijah dan pamannya untuk selama-lamanya, terjadilah peristiwa Isra’ Mi’raj atu dinaikkannya Nabi Muhammad ke langit untuk menerima wahyu terakhir langsung oleh Allah SWT yaitu mengenai kewajiban shalat lima waktu.

Jika dihitung, Nabi Muhammad SAW berdakwah selama 23 tahun dan wafat pada usia 63 tahun. Sebagai umat muslim baiknya kita selalu berusaha sebaik mungkin untuk mengikuti ajarannya karena Allah.

Berikut adalah Video Penjelasan Sejarah Nabi Muhammad yang dikisahkan oleh Ustadz Abdul Somad, LC, MA.